6 Perbedaan HDD dan SSD yang Perlu Anda Ketahui

6 Perbedaan HDD dan SSD yang Perlu Anda Ketahui

Perbedaan HDD dan SSD – Dalam beberapa tahun ini, Hard Disk Drive (HDD) sudah menjadi standar media penyimpanan pada komputer. Akan tetapi dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, muncullah Solid State Drive (SSD) sebagai media penyimpanan pada komputer. Jadi, apakah perbedaan HDD dan SSD itu?

Biasanya akan timbul pertanyaan seperti itu dan akan mengemuka ketika Anda ingin membeli sebuah media penyimpanan pada komputer kesayangan Anda. Namun, sebelum menjawab pertanyaan apakah perbedaan HDD dan SSD itu. Sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa pengertian dari HDD dan SSD. Sehingga nantinya akan lebih mudah Anda pahami.

Apa itu HDD?

apa-itu-hdd

Hard Disk Drive atau sering disebut dengan HDD, Hard Disk, atau Hard Drive adalah sebuah perangkat untuk penyimpanan data menggunakan cakram/ piringan yang dilapisi dengan bahan magnetis.

Dari pengertian HDD di atas, fungsi HDD pada dasarnya yaitu untuk menyimpan data digital. Semua data yang Anda simpan di komputer atau PC akan berada di dalam Hard Disk ini. Jika HDD komputer Anda rusak, maka data di dalam komputer Anda akan hilang semuanya. Itulah alasan mengapa sebagian besar orang ataupun perusahaan memiliki backup data.

Ketika Anda menjalankan program komputer, secara otomatis Disk yang ada pada HDD akan berputar, semakin cepat putarannya akan maka akan semakin lebih baik karena mampu menjalankan program komputer dengan cepat. Berarti kecepatan komputer memproses dan menjalan program sangat dipengaruhi oleh Hard Disk itu sendiri. Jadi, bagi Anda yang ingin membeli Hard Disk, sangat disarankan untuk menanyakan kecepatannya terlebih dahulu.

Untuk kapasitas HDD juga terdapat berbagai macam ukuran. Sesuaikan dengan duit yang Anda miliki. Pastinya semakin besar maka akan semakin mahal.

Apa Itu SSD?

apa-itu-ssd

SSD atau Solid-State Drive adalah media penyimpanan data secara tetap, biasanya istilah ini disebut dengan memori mantap/ nonvolatile memory. Untuk lebih sederhananya, SSD itu hanya terdapat pada chip memori yang biasa kita temukan di Flash Disk. Sehingga SSD tidak memiliki komponen yang bergerak seperti HDD.

Di pasaran akan banyak kita temui SSD berbasis flash seperti Flash Disk, Secure Digital (SD) Card, Micro SD Card, Multi Media Card (MMC), dan Compact Flash, dan SSD yang berukuran seperti HDD konvensional dengan kapasitas sebesar 128 GB. Sejak tahun 2008 telah mulai populer di pasaran karena harganya yang sangat mudah dijangkau.

6 Perbedaan HDD dan SSD

Dari beberapa ulasan di atas, maka terlihat sangat jelas perbedaan yang paling  mendasar dari keduanya. Bila HDD memiliki cakram atau piringan yang bergerak, sedangkan SSD tidak memilikinya karena menggunakan sirkuit tetap. Supaya lebih jelas mengenai perbedaan HDD dan SDD, berikut ini adalah ulasannya!

1. Kecepatan

Karena menggunakan cakram atau piringan dalam mengakses data, HDD membutuhkan waktu untuk memproses data. HDD membutuhkan waktu antara 30 – 40 detik untuk menyalakan komputer dan rata-rata kecepatan transfer data hanya 20 MB/s.

Sedangkan SSD memiliki proses data yang lebih cepat karena tidak memiliki komponen bergerak. SSD membutuhkan waktu antara 10 – 15 detik untuk menyalakan komputer dan rata-rata kecepatan transfer data sampai 20 MB/s sampai 2500 MB/s.

2. Kapasitas

Saat HDD dipasaran memiliki banyak pilihan kapasitas yang lebih besar dari HDD. Anda dapat menemukan kapasitas HDD dimulai dari 500 GB, 1 TB, 2 TB, hingga 10 TB. Sedangkan SSD masih cukup terbatas untuk pilihan kapasitasnya.

3. Harga

Walaupun memiliki kapasitas yang besar dibandingkan dengan SSD. Ternayata harga HDD lebih murah dibandingkan SSD. Untuk perbandingan harganya, bila HDD 1 TB berkisar antara Rp 500.000 – 800.000. Sedangkan harga SSD adalah di atas 1 juta sampai 2 juta ke atas. Harga ini kami lihat dari salah satu marketplace di Indonesia dan harga dapat berubah sewaktu-waktu.

4. Ketahanan

HDD mempunyai komponen yang bergerak, bila ada kemungkinan pergesaran yang dapat melemahkan komponen tersebut. Oleh karena itu, HDD sangat rentan sekali terhadap guncangan dikarenakan alasan tersebut.

Sedangkan SSD tidak memiliki komponen yang bergerak dan komponennya lebih rapat sehingga lebih aman terhadap guncangan. Secara umum, ketahanan SSD lebih baik dibandingkan HDD.

5. Suara

Pernah mendengar bunyi saat komputer Anda dihidupkan? Suara itu adalah bersumber dari HDD komputer Anda. Sampai saat ini, sebera canggihnya HDD akan tetap memiliki suara. Sedangkan SSD tidak memiliki suara seperti itu.

6. Bentuk dan Ukuran

HDD mempunyai komponen gerak, oleh sebab itu HDD memiliki batas ukuran untuk dibuat menjadi kecil. Sedangkan SSD tidak memiliki batasan dan dapat semakin ringkas seiring berkembangnya teknologi.

Kesimpulan

Setelah Anda mengetahui perbedaan HDD dan SDD yang telah dijelaskan di atas. Seharusnya Anda sudah paham mengenai perbedaan antara HDD dan SSD. Saran saya, sesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda.

Demikianlah ulasan yang dapat saya sampaikan terkait perbedaan HDD dan SSD. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca dan terima kasih telah meluangkan waktunya untuk membaca tulisan ini.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *