Review Samsung Galaxy A20, Smartphone Entry Level dengan Gaya Menengah | Nirvana Harapan
Advertisements

Review Samsung Galaxy A20, Smartphone Entry Level dengan Gaya Menengah

review-samsung-galaxy-a20

Samsung Galaxy A20 – Awal tahun ini, Samsung meramaikan pasar Indonesia dengan merilis deretan smartphone baru di lini Galaxy A. Berbeda dari sebelumnya, varian baru Galaxy A yang diperkenalkan Samsung sekarang lebih beragam, mencakup kelas entry level hingga menengah. Salah satu model smartphone terbaru Samsung yang kini masuk dalam model kelas entry level dari lini Galaxy A 2019.

Meski hadir sebagai smartphone entry level, Galaxy A20 sebenarnya sudah dibekali dengan beberapa fitur khas smartphone kelas menengah Samsung, seperti penggunaan layar Super AMOLED dan dua kamera utama dengan dukungan fitur ultra-wide.

Kami pun berkesempatan untuk menjajal smartphone yang dibanderol Rp 2.299.000 ini. Nah, untuk mengetahui kemampuannya, berikut ini adalah ulasan singkat Galaxy A20.

Layar dan Desain

Galaxy A20 mengusung desain Infinity-V, yakni notch yang berbentuk seperti huruf V atau tetesan air. Desain ini memang mulai banyak digunakan Samsung di smartphone-nya yang rilis di 2019.

Memiliki layar 6,4 inci, Samsung sudah menggunakan layar Super AMOLED di Galaxy A20. Penggunaan teknologi tersebut membuat Galaxy A20 merupakan smartphone termurah Samsung yang memakai Super AMOLED.

Berbekal layar Super AMOLED, reproduksi warna smartphone ini harus diakui lebih apik. Saat dipakai untuk menonton video atau saat bermain gim, tampilan Galaxy A20 patut diacungi jempol karena cukup memanjakan mata.

Beralih ke desain keseluruhan, Samsung memusatkan seluruh tombol di bagian kanan smartphone. Di bagian ini, pengguna dapat mengakses tombol power dan tombol volume. Ditambah satu MicroSD. Speaker grillheadphone jack 3,5mm, dan port USB Type-C berada di bagian bawah.

tombol

Bodi belakang Galaxy A20 merupakan polycarbonate, tapi disertai finishing metal yang membuatnya tampil lebih mewah. Bezel smartphone ini terbilang tipis dengan body melengkung, sehingga nyaman digenggam.

Performa

Galaxy A20 didukung chipset Exynos 7884B dengan RAM 3GB dan ROM 32GB yang dapat diperluas dengan MicroSD hingga 512GB. Berdasarkan pengalaman, performa Galaxy A20 memang sesuai dengan banderol harga yang ditawarkan. Smartphone ini mampu memberikan performa yang responsif, meskipun tidak segesit kelas menengah atau premium. Perpindahan antar aplikasi pun terbilang lancar.

Sebagai gambaran, skor pengukuran Galaxy A20 melalui aplikasi AnTuTu Benchmark berada di kisaran angka 85 ribuan. Hal menarik lain dari Galaxy A20 adalah kemampuannya meladeni gim berkualitas tinggi, seperti PUBG Mobile. Saat pertama kali mencoba memainkannya, PUBG Mobile langsung menyetel pengaturan ke tingkat medium. Ketika bermain pun, kami merasakan tidak ada masalah.

Galaxy A20 dibekali dengan dua fitur keamanan biometrik, yakni pemindai sidik jari dan wajah. Keduanya dapat berjalan dengan baik dan akurat, tetapi memang tidak secepat varian di atasnya. Namun untuk pemindai wajah, kami melihat ada nilai lebih yang diberikan di Galaxy A20. Sebab, saat akan membuka Galaxy A20 dengan pemindaian wajah, ada aksen sinar bergerak di bagian notch, sehingga memberikan kesan futuristik.

Performa Galaxy A20 ditunjang baterai berkapasitas 4.000mAh yang sudah didukung fitur fast charging 15 watt. Ketika digunakan untuk pemakaian normal, seperti browsing internet, chattingatau bermain gim sesekali, Galaxy A20 mampu bertahan seharian.

Kamera

kamera

Galaxy A20 hadir dengan dua kamera utama yang masing-masing beresolusi 13MP (f/1.9) dan 5MP (ultrawide, f/2.2). Hasil tangkapan kedua harus diakui cukup memuaskan untuk smartphonekelas entry level. Sementara kamera depan Galaxy A20 beresolusi 8MP (f/2.0). Serupa dengan smartphoneterbaru Samsung lain, Galaxy A20 hadir dengan fitur bokeh bernama Live Focus.

Berikut ini adalah beberapa contoh hasil tangkapan kamera Galaxy A20. Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai kamera smartphone di bawah ini.

hasil-gambar

Hasil tangkapan gambar kamera utama Samsung Galaxy A20

hasil-gambar-2

Hasil tangkapan gambar kamera utama Samsung Galaxy A20

hasil-gambar-3

Hasil tangkapan gambar kamera utama Samsung Galaxy A20

Kesimpulan

Galaxy A20 dapat dikatakan sebagai smartphone yang mewakili perubahan Samsung. Maksudnya, smartphone ini hadir dengan sejumlah fitur dan spesifikasi yang sebelumnya sulit ditemukan di lini entry level Samsung.

Perubahan itu dapat dilihat dari desain yang lebih modern. Selain itu, Samsung juga menggunakan kombinasi memori yang cukup menarik, yakni RAM 3GB dan ROM 32GB.

Spesifikasi tersebut ditambah penggunaan layar Super AMOLED juga membuat smartphone ini kian menarik. Hal itu dikombinasikan pula dengan kapasitas baterai yang terbilang besar dan mampu mendukung pemakaian seharian.

Dari sisi kamera, kemampuannya pun terbilang baik. Hasil tangkapan baik dalam kondisi terang dan minim cahaya terlihat jelas, meski tidak dimungkiri saat di kondisi kurang cahaya, noise cukup terlihat.

Kendati demikian, secara keseluruhan Galaxy A20 merupakan produk yang apik dan dapat menjadi salah satu pilihan utama untuk smartphone di rentang harga Rp 2 jutaan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *