Radiasi Ponsel Bisa Sebabkan Kanker? | Nirvana Harapan
Advertisements

Radiasi Ponsel Bisa Sebabkan Kanker?

radiasi-ponsel

Pertanyaan:

Benarkah pancaran sinar dan juga radiasi yang terdapat pada ponsel bisa menyebabkan kanker pada tubuh manusia?

Jawaban:

Ponsel memang bekerja dengan sistem radiasi, atau lebih tepatnya gelombang radio, begitu juga dengan microwave, pemancar radio, WiFi, dan banyak peralatan elektronik lainnya. Gelombang ini memang menerpa tubuh kita dan terserap. Tetapi sampai saat ini tidak ada bukti nyata radiasi ponsel menyebakan kanker.

Kemungkinan panas yang dihasilkanketika kita bertelepon menggunakan ponsel, akan menyebabkan radiasi panas seperti gelombang yang dihasilkan microwave untuk memanaskan makanan, dan ditakuti mengganggu otak atau menyebabkan kanker otak. Tetapi penelitian juga belum menemukan bukti ini secara nyata.

Beberapa negara seperti Amerika, Eropa, India, dll, mengatur besaran SAR, Specific Absorbtion Rate maksimum yang boleh dihasilkan smartphone saat digunakan, misalnya standar Amerika, SAR harus dibawah 1.6 Watt/KG, untuk lebih menjamin kesehatan tubuh manusia dari paparan radiasi gelombang radio ponsel.

PBB WHO juga pernah mengeluarkan press-release mengenai  sinyal ponsel yang dapat menyebabkan kanker pada tubuh manusia, namun baru berdasarkan studi terbatas dan belum dapat dipastikan apakah penyebab kanker ini merupakan paparan dari radiasi ponsel, atau ada penyebab lainnya.

Jadi belum ada bukti empiris yang nyata hingga saat ini bahwa radiasi sinyal ponsel menyebabkan kanker, terkadang kita malah melihat ada yang menyalahgunakan kekuatiran orang tentang hal ini, dengan menyebarkan hoax bahwa orang meninggal karena terkena radiasi ponsel. Sampai saat ini ponsel masih dinyatakan aman untuk digunakan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *