7 Cara Melakukan Screenshot di Komputer Windows 10

7 Cara Melakukan Screenshot di Komputer Windows 10

Cara Melakukan Screenshot di Komputer – Mungin terbesit sebuah pertanyaan di pikiran Anda; Bukankah mudah sebenarnya cara melakukan screenshot di komputer Windows 10? Anda benar, bahkan hanya menekan tombol Print Screen pada keyboard dan hasilnya tentu saja akan tersimpan di dalam clipboard, jadi simpel. Anda tentu benar.

Tapi tahukah Anda, ada lagi cara lain selain yang diatas, Windows juga menyediakan beberapa cara lainnya yang tentu bagi Anda cara ini akan lebih mudah. Jadi, artikel ini akan membahas 7 cara lainnya untuk untuk mempermudah untuk melakukan screenshot di komputer Windows 10 dan sekalian untuk menambah pengetahuan baru.

 Cara Melakukan Screenshot di Komputer Windows 10

1.Win + Print Screen

Kombinasi tombol ini akan mengambil gambar seluruh layar Anda dan langsung tersimpan di drive. Anda ingin melihat hasilnya? Anda bisa melihatnya dengan membuka Pictures Library di folder dengan nama Screenshot. Di dalam folder itu akan ada file yang berbentuk png. Cukup mudah bukan cara melakukan screenshot di komputer.

Kombinasi ini lebih mudah daripada menekan Print Screen dan menempel hasilnya ke aplikasi pengolah gambar seperti Paint. Tetapi, Anda tidak bisa menekan tombol Alt + Win + Print Screen untuk menyimpan di jendela aktif.

2. Alt + Print Screen

Kombinasi ini bisa men-screenshot, tetapi hanya men-screenshot jendela aktif. Ini merupakan cara yang cukup sempurna untuk men-screenshot hal penting saja pada saat membuka banyak jendela dan memiliki tampilan yang besar. Tentu hasilnya akan disimpan pada clipboard.

3. Win + H

Mungkin ini juga bukanlah cara termudah, namun ini merupakan pintasan lain untuk men-screenshot layar. Ini akan men-screenshot aplikasi aktif dan membuka panel untuk berbagi, untuk memasukkan dan membagi lagi ke aplikasi yang lainnya.

4. Windows + Volume Down

Anggap ini seperti Win + Print Screen, tombol ini berperan sebagai kombinasi untuk men-screenshot layar. Ini merupakan kombinasi tombol yang sederhana dan mudah.

5. Snipping Tool

Ini merupakan cara termudah lainnya. Anda memiliki kendali penuh ketika men-screenshot yaitu Anda hanya perlu melakukan drag dengan menahan klik kiri mirip seperti memblok. Namun sebelum itu, buka perangkat Snipping Tool dengan membuka RUN dengan cara tekan tombol Win + R, kemudian ketik Snipping Tool.

6. Windows Inking Tools

Bila perangkat Windows Anda telah mendukung input stylus, maka ada alternative lainnya dalam melakukan screenshot pada layar. Caranya dengan meng-klik dua kali dengan menekan tombol penghapus di stylus Anda. Maka sudah tentu, bila stylus Anda memiliki fitur ini.

7. Game DVR (dalam game)

Bila Anda bermain game, ada alternative lainnya dalam melakukan screenshot game. Cara mengaktifkan fitur screenshot pada Game DVR, buka aplikasi Xbox, buka tab Game DVR di menu pengaturan, dan centang kotak yang ada bertuliskan “record game clips and screenshot using Game DVR”. Tentu fitur screenshot ini hanya berjalan pada game dan aplikasi yang ada di Xbox. Itulah beberapa cara melakukan screenshot di komputer windows 10 dengan baik dan benar.

Please rate this

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *