Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Advertisements
7 Alasan Mengapa Menjaga Keamanan Smartphone Itu Penting

7 Alasan Mengapa Menjaga Keamanan Smartphone Itu Penting

7-alasan -kenapa-menjaga-keamanan-smartphone-itu-penting

Dengan banyaknya aktivitas yang kita jalani lewat smartphone, terus menjadi banyak informasi individu yang tersimpan. Smartphone saat ini sudah jadi penggalan dari warga. Dari anak muda sampai orang berusia seakan tidak dapat lepas dari piranti serba guna itu. Gimana tidak? Smartphone saat ini dilengkapi dengan sarana komplit, yang tidak membikin kantong melilit. Tidak heran, bila saat ini kita banyak menghabiskan waktu dengan smartphone, mulai dari berhubungan dengan sesama, intermezo, urusan pembelajaran ataupun pekerjaan, transportasi sampai urusan transaksi perbankan serta belanja.

Dengan banyaknya aktivitas yang kita jalani lewat smartphone, pastinya banyak informasi individu yang tersimpan dalam ponsel pintar kita. Sangat beresiko bila kita lalai dalam melindungi keamanannya. Terlebih bila sewaktu- waktu smartphone kita lenyap ataupun dicuri orang. Smartphone kita dapat dengan gampang diotak-atik oleh orang lain.

Dilansir dari studi Kaspersky Lab serta B2B International, masih terdapat pengguna yang lalai dalam melindungi smartphone miliknya, paling utama anak muda. Sebanyak satu dari 4 pengguna internet yang berumur anak muda antara 16- 24 tahun ketiadaan fitur mobile mereka, baik sebab lenyap( 17 persen) ataupun dicuri( 13 persen). Sepertiga dari mereka hadapi akibat ketiadaan ataupun pencurian tersebut, mulai dari hilangnya data-data individu sampai peretasan akun-akun media sosial mereka.

Nah, berikut 7 Alasan mengapa menjaga keamanan smartphone itu penting:

1. Smartphone itu ibarat album kenangan, banyak potret- potret individu yang dapat disalahgunakan

Tentu banyak di antara kita yang menaruh potret-potret di memori smartphone, mulai dari potret-potret individu, gambar berbarengan keluarga, sahabat sampai rekan bisnis. Bila kita lalai melindungi smartphone kita, memori kebahagiaan kita dapat lenyap sekejap serta apalagi dapat disalahgunakan. Potret-potret kita dapat disalahgunakan untuk pembuatan akun-akun palsu atau hal kurang baik. Nyatanya kalian tidak ingin, jika potret-potret pribadimu disalahgunakan untuk tindak kejahatan?

2. Data- data rahasia yang kalian simpan, dapat disebar ataupun diperjualbelikan

Untuk kalian biasa mengirim serta menerima dokumen rahasia melalui e-mail ataupun menyimpannya melalui smartphone-mu, kalian butuh ekstra hati-hati! Bila kalian lengah sedikit saja dalam menjaga keamanan smartphone-mu, data-data rahasiamu dapat disebar ataupun diperjualbelikan. Duh, jangan sampai kalian dirugikan ya karena kelalaianmu sendiri. Keamanan smartphone-mu itu yang menjadi nomor satu.

3. Catatan nomor sahabat jadi target penipuan

Smartphone-mu yang tanpa dilengkapi pengaman apapun sangat beresiko, bila jatuh pada orang yang salah. Catatan nomor temanmu dapat menjadi target penipuan dengan mengatasnamakan kalian. Ngeri juga, kan? Bisa-bisa jadi drama “kalian memohon pulsa”, “kalian pinjam uang” atau drama lainnya yang akan menghiasi hp teman-temanmu. Hidup kamu menjadi seperti drama jika sahabat kalian yakin hingga kirim pulsa atau duit. Makanya, segera waspada!

4. Akun-akun yang tersambung, menjadikan fasilitas kejahatan yang susah dibendung

Terus menjadi banyak pula aplikasi yang kalian install. Kalian yang hobi mengirim e-mail atau bermedia sosial, pastinya menaruh username serta password akun di smartphone milikmu. Kebayang gimana jadinya akunmu, bila smartphone kalian jauh dari kata” nyaman”?

Terlebih jika hingga lenyap ataupun dicuri orang? Ulala, siap-siap deh buat ngelus dada. Terus menjadi banyak account yang tersambung, dapat jadi fasilitas kejahatan yang susah dibendung!

5. Catatan penting, dapat sekejap merugikanmu

Hayo, siapa yang kerap menaruh catatan password ataupun PIN di smartphone? Misalkan password account keuangan virtual. Bisa menjadi awal mulanya kalian berpikir catatan itu memudahkanmu disaat log in atau transaksi, tetapi hal itu dapat sekejap merugikanmu. Orang dapat dengan gampang membaca catatan yang kalian buat serta melaksanakan transaksi tanpa kalian tahu. Catatan kecilmu ternyata dapat merugikanmu.

6. Hasil pekerjaanmu lenyap, kerja kerasmu wajib diulang

Alasan selanjutnya mengapa melindungi keamanan smartphone-mu merupakan untuk meminimalkan ketiadaan hasil pekerjaan kalian sepanjang ini, misalnya saja skripsi, hasil desain atau file lainnya. Bisa jadi terdapat di antara kalian yang menaruh file- file hasil karyamu di smartphone, tanpa mem- backup di fitur lain.

Lebih sedih mana putus sama pacar ataupun ketiadaan hasil pekerjaanmu itu? Sebab waktu tidak dapat diulang, salah satunya sistem, ya kerja kerasmu wajib diulang. Saat ini kalian cuma dapat semangat lembur sebab smartphone-mu telah dibawa kabur.

7. Jangan hingga terus merugi, memilih yang telah teruji

Alasan terakhir pastinya berhubungan dengan kerugian yang kalian miliki. Bila kalian lalai dengan keamanan smartphone-mu, kalian akan terus merugi. Apalagi, bisa jadi kalian diwaspadai seorang diri dengan informasi serta akun-akun yang kalian miliki. Jika kalian telah mengetahui smartphone-mu tidak nyaman, mengapa masih dipertahankan? Jangan hingga lengah, sebab kalian sendiri yang akhirnya akan mengalah.

Salah satu sistem yang dapat kalian jalani untuk melindungi keamanan smartphone adalah memilah smartphone yang mempunyai fitur keamanan yang terjamin. Memilih smartphone yang dilengkapi fitur pengaman hp dengan PIN ataupun fingerprint( Lock Mobile Phone), fitur pengaman di tiap aplikasi( Luar biasa Applock), kamera yang aktif memotret disaat smartphone dibuka paksa orang lain( Manual Shoot), fitur menghapus informasi jarak jauh( Destroy Informasi), alarm ponsel( Alarm Finder), serta fitur mengirim pesan pada smartphone disaat smartphone-mu lenyap( Send Message).

2 Comments

  1. tp untuk hp2 baru hati2 kalo memasang sandi/pola. harus di ingat2 bener. kl lupa ya memperbaikinya butuh biaya yg tidak sedikit.
    folderblog.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *